Ad Code

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Berapa Gaji Penulis Cerita ????? - CERPEN HITS INDONESIA

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

  Disclaimer : Terima kasih kepada anda yang sudah mempercayakan kepada kami, terus ikuti laman blog kami agar terus merasakan pengalaman membaca cerita sesungguhnya. Dilarang untuk meng Copy Paste cerita tanpa seizin admin.


BERAPA GAJI YANG DITERIMA OLEH PENULIS CERITA?????

 

Sebagai seorang penulis, kita pasti sering mendengar pertanyaan pertanyaan dari orang disekitar kita. Entah itu kapan mulai menulis, suka menulis dengan gendre apa, dan lain sebagainya. Dari sekian banyak pertanyaan yang dilontarkan, Ada satu pertanyaan yang sering ditanyakan oleh orang orang, yaitu BERAPA SEBENARNYA GAJI PENULIS?????

 

Saya yakin, beberapa dari anda mungkin tidak mau menjawab pertanyaan tersebut. Ya tahu sendirilah kalau keuangan itu adalah hal privasi. Sebagian orang beranggapan bahwa membahas keuangan pribadi adalah tidak sopan. Ibaratnya ketika anda baru saja berkenalan dengan seseorang, lalu anda langsung bertanya siapa nama orang tuanya. Pastinya orang itu akan tersinggung karena notabenenya nama orang tua adalah privasi. Sebenarnya saya sendiri telah lama menulis di CERPEN HITS. CERPEN HITS adalah salah satu penyedia layanan narasi gratis, anda dapat menikmati beberapa konten disana seperti cerpen, puisi, pentigraf, dan sebagainya kapanpun dan dimanapun. Tentunya, hal itu merupakan peluang yang besar untuk mendapatkan penghasilan.

 

Jadi menulis cerita memang gampang gampang sulit, kita harus cari inspirasi dan mengolah pikiran agar berhasil membuat cerita. Tak jarang beberap kendala juga ditemui oleh para penulis, antara lain inspirasi mandeg/buntu, kena copyright, ataupun bayaran yang tidak sesuai dengan ekspetasi. Ketika cerita anda viral, maka bayaran yang fantastis dapat anda terima. Namun sebaliknya, ketika cerita anda kurang laku atau bahkan tidak dilirik sama sekali, siap siap depresi saja kalau begitu. Intinya kembali lagi ke anda, anda ingin mendapatkan penghasilan melalui menulis, atau sekedar ingin menyalurkan hobi?

 

Namun anda jangan berkecil hati dulu, jangan putus asa apalagi ambyar koyo medhot janji. Masih banyak cara untuk menghasilkan pundi pundi fulus melalui menulis cerita. Pastinya dengan tekad dan usaha yang kuat, serta doa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Anda bisa saja mendapatkan penghasilan dari menulis cerita. Cara menghasilkan uang dari menulis cerita adalah sebagai berikut :

Sumber gambar : https://pixabay.com/id/photos/
dewasa-buku-harian-jurnal-1850177/


1. KONTRAK DENGAN MEDIA INTERNET

Banyak sekali media internet yang menawarkan publikasi karya, contohnya adalah Mojok.co, IDN Times, Tirto.id, Medium, Detik.com, dan lain sebagainya. Anda bisa saja mengirim karya anda kesana, entah itu cerpen, opini, ataupun jenis artikel lainnya. Tentunya, anda juga akan mendapatkan sejumlah komisi dari tulisan yang anda publish sesuai dengan kebijakan masing masing platform. Semakin banyak artikel yang anda publish, semakin banyak pula pendapatan yang anda terima. Kisaran penghasilan yaitu Rp 200.000 – Rp 2.000.000.

 

2. MENULIS DI APLIKASI NOVEL ONLINE

Menulis di aplikasi novel online sangatlah menjanjikan, banyak sekali platform novel online seperti Novelme, KBM app, Noveltoon, Joylada, dan lain lain yang menawarkan harga yang cukup tinggi pada setiap bab novel yang diupload. Namun perlu diketahui, bahwa anda harus konsisten untuk menghasilkan pendapatan di platform novel online. Anda harus rutin mengupdate novel yang anda tulis sesuai dengan kebijakan masing masing platform novel online. Kisaran penghasilan Rp. 100.000 – Rp. 10.000.000.

 

3. MEMBANGUN BLOG PRIBADI

Membangun blog pribadi merupakan alternatif lain untuk menulis dan menghasilkan pendapatan. Membangun blog pribadi memilikki beberapa keuntungan yaitu; tidak terikat dengan platform manapun, tampilan bisa kita custom sesuai dengan keinginan kita, dan terlihat professional. Namun kita juga perlu kerja ekstra untuk membangun sebuah blog antara lain; riset keyword, analisis SEO, sewa hosting, beli domain, monetize, dan lain sebagainya. Pendapatan dari menulis blog diambil dari pemasangan iklan di blog anda. Ada banyak sekali publisher yang siap memasang iklan di blog anda seperti Google adsense, adsterra, medianet, MGID, propellerads, dan lain sebagainya. Kisaran penghasilan Rp. 100.000 – Rp. 3.000.000.

 

4. OPTIMASI SOSIAL MEDIA

Anda juga dapat menulis cerita melalui sosial media, caranya yaitu membuat halaman khusus untuk mempublikasikan karya karya anda. Lalu darimana saya bisa mendapatkan penghasilan? Tentunya dari iklan. Anda harus bekerja sama dengan perusahaan yang ingin mempromosikan produk mereka. Atau paling tidak, anda juga bisa menjadi afilliate marketing dari sebuah perusahaan. Banyak sekali program afilliate yang ditawarkan, seperti; Afilliate Niagahoster, Afilliate RATAKAN, Afilliate shopee, dan lain sebagainya. Dengan begitu anda akan mendapatkan passive income dari setiap penjualan yang anda promosikan. Kisaran penghasilan Rp. 1.000.000 – Rp. 10.000.000 {Tergantung branding}.

 

Sumber gambar : https://pixabay.com/id/photos/
wanita-dewasa-dalam-orang-orang-3083377/

5. KONTRAK DENGAN MEDIA PERS

Cara ini banyak dilakukan oleh para sastrawan jaman dahulu. Dimana pada waktu itu, media online masih belum memasyarakat atau bahkan belum ada. Yang harus dilakukan adalah menghubungi pihak media seperti Jawapos, Harian Kompas, Tribun, dan lain lain. Setelah itu, barulah kita mengirim naskah kepada mereka. Bisa dalam bentuk cerpen, puisi, atau karya karya lain. Pihak pers akan mengkonfirmasi dan meninjau ulang naskah kita apakah layak dipublikasikan atau tidak. Naskah yang dimuat biasanya diberikan honor sekitar Rp. 100.000 – Rp. 1.000.000.

 

6. MEMBUAT NOVEL SENDIRI

Yang terakhir adalah membuat novel sendiri. Meskipun zamannya sudah serba online, akan tetapi media cetak juga cukup menjanjikan. Banyak diluar sana penerbit yang siap mengedit dan mencetak naskah novelmu seperti; Gramedia, Elex Media komputindo, penerbit prabu21, dan lain lain. Pastinya kita harus mengeluarkan sedikit dana untuk memproses naskah tersebut atau biasanya malah dipotong dari hasil penjualan novel kita. Dengan adanya novel cetak, tentunya nama kita bakal lebih dikenal. Kita juga bakal merasa ada sesuatu yang dibanggakan. Kisaran penghasilan Rp. 100.000 – Rp. 1.000.000.000 {Tergantung penjualan novel}.

 

KESIMPULAN

Nyatanya, menulis cerita juga dapat menghasilkan pendapatan. Yang hanya perlu kita lakukan adalah bekerja keras, bekerja cerdas, kritis, berani menghadapi resiko dalam bentuk apapun, dan juga pantang menyerah. Apabila selama menulis cerita kita menemukan kendala, maka cobalah untuk berpikir sejenak. Berpikir mengenai kesalahan apa yang telah kita lakukan dan solusi untuk memecahkan masalah tersebut.

 

Kak..... Bingung...... Nggak punya inspirasi...... Tenang saja, istirahatkanlah diri anda sejenak. Anda hanya perlu tenang dan mengamati kondisi lingkungan di sekitar anda. Atau anda juga bisa melakukan hal hal yang dapat membuat anda senang. Dengan cara itu, anda akan mendapatkan sejumlah inspirasi. Inspirasi tersebut kemudian dapat langsung dituangkan di atas naskah atau sekedar dicatat di buku catatan kecil untuk dikembangkan kembali. Itulah beberapa paparan mengenai gaji seorang penulis cerita. Mungkin saja anda dapat memilih salah satu opsi di atas. Terus ikuti cerpenhits.com agar tidak ketinggalan informasi yang pastinya update untuk anda sekalian.  


Post a Comment

0 Comments

close
Banner iklan disini