Ad Code

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Tidak ada inspirasi saat menulis cerita? berikut cara mengatasinya.........

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

 Disclaimer : Terima kasih kepada anda yang sudah mempercayakan kepada kami, terus ikuti laman blog kami agar terus merasakan pengalaman membaca cerita sesungguhnya. Dilarang untuk meng Copy Paste cerita tanpa seizin admin.


Terkadang, ketika kita sedang menulis pastinya menghadapi sejumlah kendala. Entah itu pensil patah, keyboard error, naskah ketumpahan kopi, dinding atap bocor, kemacetan, krisis ekonomi, dan lain lain. Dari sekian banyaknya kendala tersebut, salah satu kendala yang paling sering kita alami adalah tidak dapat menemukan inspirasi atau biasa disebut otak buntu, ngeblank, stuck, dan lain sebagainya. Tapi sebenarnya apa Inspirasi itu? Mengapa inspirasi begitu penting dalam penulisan cerita? untuk selengkapnya simak penjelasan berikut.


PENGERTIAN INSPIRASI

Inspirasi adalah suatu motivasi atau dorongan yang berasal dari dalam maupun lingkungan luar. Inspirasi dapat membuat seseorang lebih bersemangat ataupun melakukan kegiatan  positif. Dalam penulisan cerita, pastinya tidak lepas dari yang namanya inspirasi. Inspirasi merupakan hal dasar sebelum kita memulai menulis cerita. Adanya inspirasi berpengaruh kepada tema serta jalan cerita yang kita buat. Jadi, sebelum menulis cerita alangkah baiknya kita mencari inspirasi terlebih dahulu.

Sumber gambar : Pixabay.


Biasanya, kita mencari inspirasi ketika akan memulai menulis. Namun dilain kasus juga ada yang harus mencari inspirasi ketika sedang di tengah tengah kegiatan menulis. Fase ini biasanya sangat menjenuhkan, karena pada waktu itu kita sudah kehabisan ide dan mood. Alhasil cerita yang kita buat tidak akan pernah selesai dan mood menulis kita jadi hilang. Nah, pada kondisi seperti inilah  kita yang diharuskan mencari inspirasi. Jangan menunggu inspirasi datang dengan sendirinya, lu pikir kayak mimi peri? yang bisa datang dengan sendirinya sambil bawa keinginan kita, nggak boy. Lalu bagaimana cara kita agar mendapatkan inspirasi? ini dia langkah langkahnya;


CARA JITU MENDAPATKAN INSPIRASI

Sebagian besar cara ini bersifat universal, itu artinya bisa diterapkan oleh semua orang. Tinggal anda pilih cara favorit atau yang enak dilakukan bagi anda. Berikut cara mendapatkan inspirasi ketika menulis cerita;

1. ISTIRAHAT SEJENAK

Ketika sedang menulis, pastinya kita pernah mengalami kehilangan ide. Biasanya kita tidak tahu bagaimana caranya melanjutkan cerita, atau bingung dengan peluang jalan cerita yang lain. Bagaimana mengakhiri kisah ini? Kalau misalkan si A menikah dengan si B apa jadinya? Lalu si C apakah ditinggalkan begitu saja? Untuk mengatasi hal seperti itu, anda perlu istirahat sejenak. Coba rilekskan pikiran anda supaya nanti dapat memikirkan jalan cerita yang lebih kompleks. Buat diri anda senyaman mungkin misalnya dengan menarik nafas, memejamkan mata, ataupun berendam di kamar mandi.


2. CARI REFERENSI LAIN

Untuk mendapatkan inspirasi bisa juga dilakukan dengan cara mencari referensi sebanyak banyaknya. Kita hanya perlu beberapa sumber referensi untuk mendapatkan inspirasi. Misalnya anda bingung untuk melanjutkan jalannya cerita, anda bisa membaca buku mengenai cerpen ataupun membaca novel. Ketika anda membaca karya orang lain, otomatis anda akan merasakan nyaman dan mengikuti jalan cerita. Nah, di waktu itulah inspirasi akan datang karena pengaruh dari jalan cerita yang anda baca. Dengan itu anda dapat melanjutkan cerita yang anda buat.

Namun perlu diketahui bahwa proses mencari referensi ini bukan menyalin karya orang lain ya. Bukan membaca karya orang lain kemudian disamakan dengan karya kita. Jelas hal itu adalah tindakan plagiarisme dan dicekal oleh undang undang hak cipta. Kalau misalnya ketahuan, bisa saja pemilik karya yang asli menuntut anda. Anda tidak mau kan hal itu terjadi.

Mencari referensi disini memiliki arti mengamati jalannya cerita, pembawaan penulis dalam cerita tersebut, dan sudut pandang yang digunakan oleh penulis. Kita hanya mengamati dan merasakan struktur pondasi cerita tersebut, bukan malah menjiplak isi cerita yang kita jadikan referensi. 

Ketika kita ingin mencari sebuah referensi, hendaknya referensi tersebut berasal dari sumber yang berkualitas. Contohnya ketika kita akan mencari ide tentang cerita, maka sumber referensi yang dapat digunakan adalah cerita pendek si kancil, cerita pendek Abu Nawas, dll. Jangan mengambil referensi dari sumber yang tidak jelas. Bukannya inspirasi yang kita dapat malah bingung iya.

3. TINGKATKAN MOOD ANDA

Inspirasi juga akan datang ketika anda merasa senang. Maka dari itu kondisi mood dan hati anda sangat berpengaruh terhadap pengerjaan suatu karya. Saat anda menulis, terkadang mood anda bisa hancur karena hal hal sepele. Mungkin karena alur cerita yang anda buat biasa biasa saja, kondisi ruangan, dan lain lain. Sehingga anda perlu  membangkitkan mood anda lagi ketika sedang menulis. Mulailah dengan hal hal yang kecil seperti bernyanyi ketika mengetik, mendengarkan musik, bermain video game yang ada di laptop, makan camilan, dan lain sebagainya.

Kalau misalnya itu masih belum mampu membangkitkan mood anda, coba istirahat dan pergilah keluar. Anda bisa melakukan aktivitas di luar rumah untuk membangkitkan mood anda, seperti mengamati lingkungan sekitar, melaksanakan hobi, berolahraga, ataupun pergi jalan jalan.

Sumber gambar : Pixabay


4. RUTIN MENGKONSUMSI AIR PUTIH DAN MAKANAN BERGIZI

Kondisi badan yang fit juga berpengaruh terhadap kinerja otak kita selama berpikir. Oleh karena itu, disarankan untuk selalu mengkonsumsi air putih dan makanan bergizi lainnya. Air putih dapat membuat tubuh, mata, dan pikiran menjadi fresh. Sehingga rasa lelah akibat terlalu banyak berfikir akan hilang. Makanan yang bergizi juga dapat meningkatkan intelijensi dan daya berpikir kita. Apabila tubuh dan pikiran kita sudah kembali segar, maka inspirasi akan datang dengan sendirinya karena diri kita sudah siap melakukan pekerjaan kembali.


5. MEMBANGUN RELASI

Ada kalanya anda perlu bantuan orang lain untuk mendapatkan inspirasi. Anda bisa saja berkonsultasi dengan penulis cerita lain untuk mendapatkan masukan. Aduh, menurutmu bagaimana ya? Kira kira jadinya apa? Bagaimana dengan pendapatmu? Anda juga bisa saja meminta pendapat kepada ahli sastra. Tentunya, anda akan mendapatkan banyak inspirasi karena anda telah mendapatkan masukan yang berbeda beda. Kemudian setelah itu tergantung anda, anda bebas memilih pendapat yang sekiranya dapat anda kerjakan dengan mudah.



KESIMPULAN

Dari berbagai pernyataan di atas, dapat dsimpulkan bahwa untuk mendapatkan inspirasi dalam menulis kita harus melakukan beberapa langkah. Yang pertama yaitu Memastikan kondisi tubuh dan mood anda tetap fit dan tidak kelelahan, yang kedua yaitu rutin mencari referensi dari sumber lain. Dan yang terakhir adalah rajin membangun komunikasi dengan penulis cerita lain. Terlepas dari itu semua, anda juga dapat menemukan cara untuk mendapatkan inspirasi sesuai cara anda sendiri. Yang jelas selama anda tidak merasa lelah, maka inspirasi akan datang ke pikiran anda. 

Post a Comment

1 Comments

  1. Izin iklan

    Ayo guys berkunjung ke blog saya dan baca artikelnya. Berikut list Artikel yg ada.👇

    • Puisi Tentang Rindu
    ( https://wibukataindonesia.blogspot.com/2021/07/puisi-tentang-rindu.html )

    • Puisi Sepertiga Malam
    ( https://wibukataindonesia.blogspot.com/2021/07/puisi-sepertiga-malam.html )

    • Cerpen Cinta Sejati Seorang Ibu
    ( https://wibukataindonesia.blogspot.com/2021/07/cerpen-cinta-sejati-seorang-ibu.html )

    • Nasihat untuk yang sedang cemburu
    ( https://wibukataindonesia.blogspot.com/2021/08/aku-cemburu-melihat-dia-dengan-yang-lain.html )

    • Motivasi untuk anak Broken Home.
    ( https://wibukataindonesia.blogspot.com/2021/08/motivasi-untuk-anak-broken-home.html )

    ReplyDelete

close
Banner iklan disini