Ad Code

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Mengembangkan Aset Kreatif Dalam Rangka Menghadapi Era Industri 4.0 - Bersama KreatifHub

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

     Dalam menjalankan sebuah bisnis, tentunya kita memerlukan sebuah media yang dapat memperkenalkan bisnis kita ke dunia luar. Media yang dimaksud dapat berupa foto, poster, atau video interaktif. Peran media seperti ini memanglah tidak sembarangan, sebab dapat memberikan income yang cukup besar apabila dilakukannya dengan benar. Media seperti ini biasanya disebut dengan aset kreatif, mengapa disebut demikian? dan bagaimana aset kreatif berperan dalam dunia bisnis? Tetap stay di blog ini, dan inilah penjelasan mengenai betapa pentingnya aset kreatif dalam menghadapi Era Industri 4.0



            Secara istilah, aset kreatif dapat diartikan sebagai suatu objek yang diciptakan berdasarkan ide dan hasil pemikiran manusia dimana bertujuan untuk memikat banyak orang lain atau khalayak ramai supaya melakukan apa yang diharapkan oleh pencipta aset tersebut. Biasanya aset aset kreatif disajikan dalam bentuk foto, poster, artikel, video, bahkan secara lisan. Dan tentunya masing masing jenis aset kreatif memilikki karakter atau kelebihan kekurangan tersendiri. Aset kreatif dalam bentuk foto ataupun poster memang tampak lebih sederhana, akan tetapi informasi bisnis yang dicantumkan sangatlah kurang. Sementara aset kreatif dalam bentuk video memanglah cukup menarik, akan tetapi butuh waktu dan juga proses yang panjang untuk menyiapkannya. Sebelum membuat aset video, tentunya kita harus menyiapkan peralatan seperti kamera, obyek, lighting, dan sebagainya. Hal itu tentunya dinilai cukup merepotkan bagi kaum awam.



            Salah satu aset kreatif yang paling sering digunakan adalah artikel. Melalui artikel, kita dapat memberikan informasi bisnis kita secara lengkap dan terperinci. Kita juga dapat mempromosikan produk kita dalam artikel sehingga dapat menarik konsumen yang lebih banyak. Meskipun daya baca masyarakat Indonesia cenderung sedikit, akan tetapi cara promosi menggunakan artikel masih digunakan sampai sekarang.  Beberapa pihak ada yang menganggap bahwa promosi menggunakan artikel tampak lebih elegan dan profesional. 

Sumber : Dokumen Pribadi.


        Seiring dengan berkembangnya teknologi dan zaman, dunia bisnis dan pemasaran juga tak luput dari yang namanya perubahan. Coba kita ingat kembali, dulu artikel bisnis hanya dapat ditemukan pada koran, majalah, ataupun tabloid. Pada waktu itu, artikel bisnis dirasa kurang efektif dalam menarik simpati calon konsumen. Tulisan yang terlalu padat dan juga gambar yang hitam putih membuat calon konsumen semakin malas untuk melihat apalagi membaca artikel tersebut. Sekarang keadaan telah berubah, orang orang telah mempunyai media elektronik seperti Handphone, tablet, dan lain sebagainya. 



        Tentunya hal ini dapat  menguntungkan para pelaku bisnis. Dengan menggunakan media elektronik, pelaku bisnis dapat membagikan artikel bisnisnya dengan mudah serta menjangkau konsumen yang lebih luas dari berbagai kalangan. Para pelaku bisnis juga mendapatkan keuntungan lain seperti tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mencetak artikel atau menyewa petak iklan di surat kabar. Oleh karena itu, kita harus memanfaatkan situasi selagi semua hal terasa mudah. Dengan adanya media elektronik, para pelaku bisnis dapat memperkenalkan sekaligus mempromosikan usahanya secara fleksibel dan signifikan. Apalagi setelah ini kita bakal menghadapi yang namanya Era Industri 4.0, era dimana semua aspek kehidupan berlomba lomba untuk menjadi maju dan terdepan. Mau tidak mau kita harus turut dalam upaya menghadapi Era Industri 4.0, dengan cara berusaha untuk memberikan informasi kepada khalayak umum secara cepat dan akurat.



        Untuk membuat sebuah artikel bisnis, tentunya kita harus menyiapkan beberapa hal terlebih dahulu. Hal itu dimaksudkan supaya  artikel dapat terstruktur dengan rapi sehingga nyaman dibaca oleh banyak orang. Apabila artikel yang kita buat dirasa tidak nyaman untuk dibaca, maka besar kemungkinan kita bakal kehilangan calon konsumen atau investor usaha kita. Berikut ini hal hal yang harus dipersiapkan sebelum membuat sebuah artikel promosi bisnis.


  • Isi konten. Sebelum membuat sebuah artikel bisnis, tentunya kita harus memikirkan terlebih dahulu apa yang akan kita tulis. Bisa jadi tentang pengenalan usaha, pengenalan perusahaan, pengenalan produk, review produk, klarifikasi, dan jenis artikel lainnya. 
  • Penentuan kerangka. Dalam membuat sebuah artikel bisnis, kita harus menentukan kerangka teks terlebih dahulu. Misalnya paragraf awal diisi dengan profil perusahaan, paragraf tengah diisi dengan penjelasan produk, dan seterusnya.
  • Penentuan diksi. Ini merupakan hal yang paling penting dalam membuat suatu artikel. Pemilihan kata kata sangat vital karena hal itu dapat mempengaruhi kenyamanan konsumen dalam membaca artikel bisnis kita. Kita harus menggunakan kata kata yang menarik, mudah dipahami, namun tetap menggunakan Bahasa Indonesiayang baik dan benar.
  • Menyiapkan referensi yang menarik. Sebuah artikel akan terasa membosankan apabila tidak dilengkapi dengan referensi yang menarik di dalamnya. Kita dapat menambahkan ilustrasi yang mendukung supaya artikel terlihat lebih menarik. 



            Itu tadi merupakan hal hal yang harus dipersiapkan sebelum menulis sebuah artikel bisnis. Lalu, bagaimana cara menulisnya? Tentunya dengan cara mengembangkan dari kerangka yang sebelumnya kita susun menjadi sebuah paragraf yang kompleks. Jangan lupa untuk selalu menggunakan bahasa yang ringan sehingga pembaca mudah memahami apa yang dimaksud oleh anda. Khusus untuk artikel review produk, gunakanlah kata kata persuasif (Marilah, belilah, dst.....) serta cantumkan keunggulan produk yang banyak agar konsumen tertarik untuk mencoba produk anda.




        Yang menjadi masalah dalam hal ini adalah kurangnya minat orang orang dalam menulis. Mereka berpikir menulis merupakan hal yang susah, kebanyakan dari mereka berhenti menulis saat kehabisan ide atau inspirasi. Padahal faktor tersebut tidak sepenuhnya salah, memang dalam menulis kita selalu mengalami kehabisan inspirasi, namun kendala itu bisa hilang apabila kita bergerak untuk mendapatkan inspirasi kembali. Menulis bisa menjadi hal yang mudah apabila sang penulis bertekad kuat untuk menyelesaikan tulisannya. 




`            Nah, bagi anda yang kesusahan dalam menulis akan tetapi ingin punya portofolio artikel sendiri, kami siap membantu menuliskan. Kami melayani pesanan penulisan cerpen all gendre untuk tugas sekolah, penulisan artikel  all topic untuk konten blog ataupun website, serta kami menerima pesanan penulisan artikel bisnis berupa profil perusahaan, review produk, berita perusahaan, dan lain sebagainya. Projek kami sudah tersedia di laman KreatifHub sebagai platform penyedia freelancer terkemuka. Klik link dibawah ini untuk melakukan pemesanan jasa. LINK PEMESANAN JASA



Sumber : Dokumen Pribadi




KESIMPULAN   : 

Saat ini zaman telah mencapai tahap canggih canggihnya, semua hal kian terasa mudah dan cepat. Begitu pula dengan dunia bisnis, promosi usaha kian terasa mudahnya dengan adanya teknologi sosial media. Oleh karena itu, kita juga harus berperan aktif dalam mengembangkan bisnis di tengah maraknya penggunaan teknologi. Peran artikel bisnis sangatlah penting terutama dalam arsip dan portofolio perusahaan, artikel bisnis juga dinilai dapat meningkatkan literasi masyarakat dalam menghadapi Era Revolusi Industri 4.0

Post a Comment

0 Comments

close
Banner iklan disini